Oleh: Irwan Burhannudin
A. Internet di
Dalam Dunia Pendidikan
Terciptanya internet
telah membawa perubahan yang sangat berarti dalam berbagai aspek kehidupan
manusia. Selain itu, internet juga telah melahirkan dunia baru yang memiliki
pola, corak sekaligus karakteristik yang berbeda dengan dunia nyata. Mulai tahun 1980an internet mulai digunakan secara terbatas pada beberapa
universitas di Amerika Serikat. Hal ini menandakan bahwa internet mulai menarik
perhatian dunia pendidikan sejak awal kemunculannya. Negara Indonesia sendiri
baru mengenal dan menggunakan internet yaitu sekitar tahun 1994an. Hingga
pertengahan tahun 2015 ini internet sudah menjadi bagian kebutuhan dan gaya
hidup masyarakat Indonesia. Internet digunakan didalam berbagai hal, salah
satunya dalam bidang pendidikan. Beberapa contoh penggunaan internet di dalam
dunia pendidikan diantaranya:
- Perpustakaan online; dengan internet siswa dapat mendapatkan berbagai macam informasi mengenai pendidikan.
- Mencari beasiswa; dengan internet siswa dapatmencari sekolah-sekolah yang menyediakan beasiswa.
- Sarana komunikasi; dengan internet murid dan guru dapat bekomunikasi sacara tertulis melalui facebook.
- Sarana pertukaran data; dengan internet sorang murid dan guru dapat mengirimdan memnerima materi pelajaran dan tugas melalui email.
- Tempat mencari materi pelajaran; dengan internet seorang guru dapat mencari bahan ajaran untuk murid-muridnya.
- Belajar online; dengan internet siswa dapat belajar dengan gurunya secara langsung melalui video call.
- Buku online; dengan internet siswa dapat mendownload (mengunduh) berbagai macam buku pelajaran.
- Mempermudah pengiriman hasail ujian; dengan internet, sekolah dapat mengirim hasil ujian nasional yang diadakan di sekolahnya hanya dalam hitungan detik.
- Kerjasama dengan guru di luar negeri; dengan internet guru dapat bekerja sama dengan guru-guru diluar negeri mengenai bahan ajar apa yang akan diberikan kepada muridnya.
- Partisipasi dalam forum pendidikan; dengan internet siswa dan guru dapat berpartisipasi dalam forum-forum pendidikan.
- Sumber berita; internet juga menyediakan berita terbaru yang terjadi disekitar kita seperti politik, bisnis, olahraga, perdagangan, dan sebagainya.
- Belajar budaya luar; dengan inetrnet siswa dapat bercakap dengan orang-orang di luar negeri, sehingga siswa dapat mengetahui lebih banyak informasi mengenai bahasa dan budaya.
- Menambah wawasan; dengan internet pelajar juga bisa menambah wawasan tentang beberapa pengetahuan yang belum diketahui.
- Tempat berdiskusi; dengan internet siswa dengan mudah berdiskusi mengenai tugas dan hal-hal mengenai pendidikan.
- Belajar dengan tenang; dengan internet siswa dapat mencari informasi-informasi mengenai pelajaran yang sulit di dengarkan karena teman yang ribut.
- Sarana pembayaran sekolah; dengan internet siswa dapat membayar sekolah melalui website sekolahnya.
- Memperdalam materi pelajaran; dengan internet siswa dapat dengan mudah mangakses website-website yang menyediakan pelajaran-pelajaran yang belum pernah didapatkan disekolah.
- Pelajaran di luar materi; dengan internet siswa dapat mencari pelajaran di luar materi untuk menambah lebih banyak pemhgetahuan.
B. Internet Bagi Pendidikan Tingkat Sekolah Dasar
Salah satu faktor penting dalam
menentukan keberhasilan kegiatan belajar-mengajar, adalah sumber belajar. Dalam
rangka mengupayakan peningkatan kualitas program pembelajaran perlu dilandasi
dengan pandangan sistematik terhadap kegiatan belajar-mengajar, yang juga harus
didukung dengan upaya pendayagunaan sumber belajar di antaranya internet.
Untuk mewujudkan kualitas
pembelajaran, perlu ditempuh upaya-upaya yang bersifat komprehensif terhadap
kemampuan guru dalam memanfaatkan internet sebagai sumber belajar. Jangan
membiarkan mereka mengajar secara rutin apa adanya sehingga pembelajaran
berkesan teacher centeris. Dengan perkembangan teknologi jaringan
komputer yang ada sekarang ini, siswa SD pun dapat belajar dengan menggunakan
jaringan internet sebagai sumber belajar, tentu saja dengan bimbingan guru
atau pendampingan orang tua.
Pembelajaran berbasis internet
bagi siswa sekolah dasar sudah seharusnya mulai dikenalkan. Untuk itu para guru
hendaknya sudah tahu lebih dahulu tentang dunia internet sebelum menerapkan pembelajaran
tersebut pada siswa. Persiapan yang tak kalah pentingnya yaitu sarana komputer.
Tentu saja dalam hal ini hanya dapat diterapkan di sekolah-sekolah yang
mempunyai fasilitas komputer yang memadai. Walaupun sebenarnya dapat juga diusahakan oleh sekolah yang tidak
mempunyai fasilitas komputer misalnya dengan mendatangi warnet sebagai patner
dalam pembelajaran tersebut.
Beberapa metode yang dapat dilakukan oleh guru,
diantaranya: diskusi, demonstrasi, problem solving, inkuiri, dan descoveri.
Guru memberikan topik tertentu pada siswa, kemudian siswa mencari hal-hal yang
berkaitan dengan hal tersebut dengan mencari (down load) dari internet. Guru
juga dapat memberikan tugas-tugas ringan yang mengharuskan siswa mengakses dari
internet, suatu misal dalam pembelajaran Bahasa Indonesia siswa dapat mencari
karya puisi atau cerpen dari internet. Siswa juga dapat belajar dari internet
tentang hal-hal yang up to date yang berkaitan dengan pengetahuan. Guru memberi
tugas pada siswa untuk mencari suatu peristiwa muthakir dari internet kemudian
mendiskusikannya di kelas, lalu siswa menyusun laporan darihasil diskusi
tersebut. Metode-metode tersebut dapat dilakukan guru dengan model-model
pembelajaran yang bervariasi sehingga siswa semakin senang, tertarik untuk
mempelajarinya sehingga proses pembelajaran tersebut menjadi pembelajaran yang
bermakna. Dengan pembelajaran berbasis internet diharapkan siswa akan terbiasa
berpikir kritis dan mendorong siswa untuk menjadi pembelajar otodidak. Siswa
juga akan terbiasa mencari berbagai informasi dari berbagai sumber untuk
belajar. Pembelajaran ini juga mendidik siswa untuk bekerjasama dengan
siswalain dalam kelompok kecil maupun tim. Satu hal lagi yang tidak kalah pentingnya
yaitu dengan pembelajaran berbasis internet pengetahuan dan wawasan siswa
berkembang, mampu meningkatkan hasil belajar siswa, dengan demikian mutu
pendidikan juga akan meningkat.
Salah satu hal yang perlu dicoba dalam
meperkenalkan komputer kepada anak adalah dengan mengenalkan program-program
aplikasi (software) yang bersifat “Edutainment” yaitu perpaduan antara
education (pendidikan) dan entertainment (hiburan). Selain itu
program (software) aplikasi “Edutainment” tersebut mempunyai kemampuan menumbuhkembangkan
kreatifitas dan imajinasi anak serta melatih saraf motorik anak. Contohnya
program permainan kombinasi benda, menyusun benda atau gambar (Puzzle) serta
program berhitung dan software-software lain yang didukung perangkat
multimedia. Selain program aplikasi (software), dunia internet semakin
berartibagi anak-anak. Internet memungkinkan anak mengambil dan mengolah ilmu
pengetahuan ataupun informasi dari situs-situs yang dikunjunginya tanpa adanya
batasan jarak dan waktu. Di samping itu masih ada manfaat lain yang didapat
dari internet, misalnya surat menyurat (E-mail), berbincang (chatting),
mengambil dan menyimpan informasi (download). Pengawasan dalam penggunaan
komputerpun harus lebih ketat, namun tanpa melampaui batas-batas kewajaran. Coba
untuk membeli software yang bisa menghambat situs-situs porno, kekerasan, pendidikan
menyimpang dan situs lainnya yang dapat merusak kepribadian anak. Ajarkan anak
kita untuk menjadi anak yang mandiri, sabar, jujur, ikhlas, berani, bertanggung
jawab, kreatif, kuat dan berbudi pekerti luhur. Internet hanya ditempatkan
sebagai salah satu sumber belajar dalam konteks pendidikan di sekolah, diantaranya:
1. Internet hanya akan bertindak sebagai
sumber dan alat bantu pembelajaran. Aktivitas pembelajaran hendaklah dirancang
dengan teliti oleh guru supaya internet dapat digunakan dengan berkesan.
2. Komputer dan internet tidak mengubah
peranan guru. Malah sebaliknya, guru akan sentiasa berusaha untuk meningkatkan pengetahuan
dan kemahiran mereka, khususnya dalam bidang IT, serta dengan menetapkan keperibadian
sebagai pencapaian hasil belajar siswa yang paling utama pada tingkat Sekolah
Dasar.
3. Penggunaan komputer dan internet dapat
mengurangi beban tugas guru serta mengemas pembelajaran lebih menarik,
menantang, teratur, dan sistemik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar