Irwan Burhannudin
NIM. 14864005
Kelas A Semester ke-2
1. Pertanyaan: Jelaskan secara terperinci tentang teknologi informasi dipandang dari sudut: pengertian, perkembangan, pengelompokan, komponen, klasifikasi, serta peran dan manfaat.
Jawab:
a. Pengertian; Teknologi Informasi (TI) atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah Information
technology (IT) adalah istilah umum untuk teknologi apa pun
yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan
dan/atau menyebarkan informasi. TI menyatukan komputasi dan komunikasi berkecepatan
tinggi untuk data, suara, dan video. Contoh dari Teknologi Informasi bukan
hanya berupa komputer pribadi, tetapi juga telepon, TV, peralatan rumah tangga
elektronik, dan peranti genggam modern (telepon genggam).
b.
Perkembangan; Perkembangan
Teknologi Informasi dibagi menjadi 4 era, yaitu :
1) Era Komputerisasi; Dimulai sekitar
tahun 1960-an ketika mini komputer dan mainframediperkenalkan
perusahaan seperti IBM ke dunia industri dan pemakaiannya ditujukan untuk
meningkatkan efisiensi kerja. Keperluan organisasi yang paling banyak menyita
waktu komputer adalah untuk administrasi back office, terutama yang
berhubungan dengan akuntansi dan keuangan. Kemampuan mainframe untuk
melakukan perhitungan rumit dimanfaatkan perusahaan untuk membantu
menyelesaikan problem-problem teknis operasional, seperti simulasi-simulasi
perhitungan pada industri pertambangan dan manufaktur.
2) Era Teknologi Informasi; Di awal tahun
1970-an, teknologi Personal Computer mulai diperkenalkan
sebagai alternatif pengganti mini komputer. Kegunaan komputer di perusahaan
tidak hanya untuk meningkatkan efisiensi, namun juga untuk mendukung proses
kerja yang lebih efektif. Pada era komputerisasi, komputer hanya menjadi milik
pribadi Divisi EDP (Electronic Data Processing) perusahaan, di era
kedua ini setiap individu di organisasi dapat memanfaatkan kecanggihan
komputer, seperti untuk mengolah database, spreadsheet, maupun data
processing (end-user computing). Komputer memasuki babak baru sebagai suatu
fasilitas yang dapat memberikan keuntungan kompetitif bagi perusahaan.
3)
Era Manajemen Perubahan; Teori-teori
manajemen organisasi modern secara intensif mulai diperkenalkan di awal tahun
1980-an. Salah satu teori yang paling banyak dipelajari dan diterapkan adalah
mengenai manajemen perubahan (change management). Hampir di semua
kerangka teori manajemen perubahan ditekankan pentingnya teknologi informasi
sebagai salah satu komponen utama yang harus diperhatikan oleh perusahaan yang
ingin menang dalam persaingan bisnis. Pada era ini yang lebih ditekankan adalah
sistem informasi, dimana komputer dan teknologi informasi merupakan komponen
dari sistem tersebut.
4) Era Globalisasi
Informasi; Awal tahun 1990-an internet mulai diperkenalkan ke
dunia industri. Penerapan teknologi seperti LAN, WAN, GlobalNet, Intranet,
Internet, Ekstranet, semakin hari semakin merata dan membudaya di masyarakat. Tidak
ada negara yang mampu untuk mencegah mengalirnya informasi dari atau ke luar
negara lain, karena batasan antara negara tidak dikenal dalam virtual
world of computer. Melalui virtual world of computer, seseorang
dapat mencari pelanggan di seluruh dunia yang terhubung dengan internet. Transaksi-transaksi
perdagangan dapat dengan mudah dilakukan dicyberspace melalui electronic
transaction dengan mempergunakanelectronic money. Dengan
mencermati keadaan ini, jelas terlihat kebutuhan baru akan teknologi informasi
yang cocok untuk perusahaan, yaitu teknologi yang mampu adaptif terhadap
perubahan.
c.
Pengelompokan; Pengelompokan
Teknologi Informasi dibagi menjadi 6 jenis, yaitu :
- Teknologi Komunikasi; Teknologi yang berhubungan dengan komunikasi jarak jauh.
- Teknologi Masukan; Teknologi masukan (input technologi) adalah teknologi yang berhubungan dengan peralatan untuk memasukkan data kedalam system komputer.Contoh: keyboard, mouse.
- Teknologi Keluaran; adalah teknologi yang berhubungan dengan segala piranti yang berfungsi untuk menyajikan informasi hasil pengolahan system. Contoh: layar dan monitor.
- Teknologi Perangkat Lunak; Teknologi perangkat lunak disebut juga dengan program yaitu deretan instruksi yang digunakan untuk mengendalikan computer sehingga computer dapat melakukan tindakan sesuai yang dikehendaki. Contoh: microsoft word, Adobe Photoshop, dll.
- Teknologi Penyimpanan; Teknologi penyimpanan dibedakan menjadi 2 kelompok yaitu Memory Internal (biasa disebut main memory atau memori utama) dan Memory Eksternal (penyimpanan sekunder).
- Teknologi Mesin Pemroses; Teknologi masukan (input technologi) adalah teknologi yang berhubungan dengan peralatan untuk memasukkan data kedalam system komputer.Contoh: keyboard, mouse.
d.
Komponen sistem
teknologi informasi terdiri dari 3 jenis, yaitu:
·
Hardware : CPU, memory, I/O device,
interconnector.
·
Software : OS, package application,
user application.
·
Brainware : end user, programmer,
analyst, manager
e.
Klasifikasi Menurut Fungsi Sistem; Sistem
teknologi informasi yang melekat (embedded IT system) adalah system teknologi
informasi yang melekat pada produk lain. Sistem teknologi informasi yang khusus
(dedicated IT system) adalah teknologi informasi yang dirancang untuk melakukan
tugas-tugas khusus. Contoh: ATM. Sistem teknologi informasi serbaguna (general
purpose IT system) adalah system teknologi informasi yang dapat digunakan untuk
melakukan berbagai aktifitas yang bersifat umum. Contoh: PC. Sedangkan Klasifikasi Menurut Ukuran terbagi atas (1) Super
computer; adalah jenis komputer yang memiliki kecepatan proses paling
cepat. Bisa digunakan untuk menangani aplikasi yang melibatkan perhitungan yang
kompleks, misalkan untuk peramalan cuaca dan perancangan roket. Diantara jenis
komputer super yang terkenal adalah Cray (buatan Cray Research, Inc.) dan IBM
ASCI White (buatan IBM / International Business Machine). (2) Mainframe; yang bisa juga disebut komputer besar, merupakan jenis
komputer yang digunakan pada perusahaan skala besar untuk menangani pemrosesan
data dengan volume sangat besar. Perusahaan komputer yang menjadi pemain utama
pada kelas komputer ini adalah IBM, Fujitsu, dan Unisys. (3) Workstation; Komputer Workstation (Terminal kerja) merupakan
mesin yang powerfull. Artinya di komputer ini segala pekerjaan diselesaikan.
Komputer-komputer ini mempunyai kemampuan untuk menyelesaikan aplikasi
perhitungan yang rumit. Komputer-komputer ini menggunakan UNIX atau beberapa
operating system/sistem operasi NT. Komputer-komputer ini dilengkapi
dengan prosesor RISC yang powerful seperti Digital Alpha atau MIPS. (4) Mikrokomputer; Komputer mikro
adalah komputer personal (personal computer/PC) yang umumnya single user
atau stand alone, namun saat ini telah banyak PC yang dilengkapi dengan
peripheral card untuk koneksi jaringan atau internet. PC biasanya berupa desktop, yaitu komputer yang
biasanya digunakan di meja tempat bekerja atau belajar. Dengan perkembangan
teknologi hardware PC saat ini menjadi semakin kecil dan portabel seperti
notebook yang memiliki kemampuan sama dengan PC desktop. Oleh sebagian orang,
notebook disebut sebagai laptop yang memiliki arti yang sama. Bahkan saat ini
juga terdapat PC tablet, personal Data Asistant (PDA) atau PC
saku (pocket PC) yang kemampuannya hampir sama dengan notebook. (5) Microcontroller; mikrokontroler atau sering disebut
sebagai embedded computer merupakan mikroprosesor khusus yang
berukuran kecil yang biasa dipasang pada peralatan elektronis cerdas, seperti
mobil dan lift. Mikroprosesor
ini membuat peralatan dapat diprogram. Perusahaan yang terkenal nenproduksi
adalah Motorola dan Texas Instrument.
·
f.
Peran
Sistem Teknologi Informasi
memberikan emapat peran utama di dalam organisasi, yaitu untuk meningkatkan:
(1) Efisiensi, artinya menggantikan peran manusia dengan teknologi informasi
sehingga memudahkan pekerjaan dan mempercepat pekerjaan. (2) Efektivitas,
Sistem Informasi ini digunakan oleh pimpinan untuk pengambilan keputusan yang
lebih efektif berdasarkan informasi yang akurat, tepat waktu, relevan, mudah,
murah dan handal. (3) Komunikasi, untuk memudahkan komunikasi dan mempercepat
pengambilan suatu keputusan dapat digunakan email atau teleconference. (4) Kompetitif,
artinya digunakan untuk meningkatkan daya saing organisasi di dalam era
persaingan yang semakin ketat ini.
g.
Manfaat
Manfaat IT dalam perkembangan
kehidupan sehari hari memang sangat banyak, manfaat IT terutama untuk
pendidikan, industri, internet, dan berbagai bisnis dan dunia lainnya sangat
lah banyak. Teknologi informasi memiliki peran yang sangat vital terutama untuk
dunia bisnis dan pendidikan. Bisnis tanpa memanfaatkan IT akan cendrung menjadi
kendur dan terancam bangkrut. Banyak pejuang bisnis yang beralih dengan
memanfaatkan teknologi untuk mendukung keberlangsungan dan meningkatkan
keuntungan mereka. Manfaat IT dalam membangun suatu individu, perusahaan,
bahkan sebuah negara sangat berdampak besar. Terbukti bahwa IT (Information
Technology) dapat mengubah suatu Individu, perusahaan, bahkan suatu
organisasi dan negara seperti membuat pekembangan dan kemajuan untuk mereka
ataupun dapat menjatuhkan mereka secara mudah.
2. Soal: Jelaskan secara terperinci pengertian Komputer,
Perangkat Keras, dan Perangkat Lunak
Jawab:
a.
Komputer; adalah
serangkaian ataupun sekelompok mesin elektronik yang terdiri dari ribuan bahkan
jutaan komponen yang dapat saling bekerja sama, serta membentuk sebuah sistem
kerja yang rapi dan teliti.
b.
Pengertian Perangkat Keras; Perangkat keras
komputer (computer hardware) adalah komponen-komponen fisik yang
membentuk satu kesatuan sistem Personal Computer (PC). Biasanya
perangkat-perangkat ini dirakit dan sebagian besar dimasukkan ke dalam sebuah
casing komputer dan sebagian lain berada di luar casing. Beberapa perangkat
keras yang terdapat dalam komputer meliputi: motherboard, CPU (Central
Processing Unit), RAM (Random Access Memory), monitor, mouse, dan keyboard.
c. Perangkat lunak; Perangkat lunak secara umum dapat di bagi 2 yaitu perangkat
lunak sistem dan perangkat lunak aplikasi. Perangkat lunak sistem dapat di bagi
lagi menjadi 3 macam yaitu :
- Bahasa
pemrograman : merupakan perangkat lunak yang bertugas mengkonversikan
arsitektur dan algoritma yang di rancang manusia ke dalam format yang
dapat di jalankan komputer, contoh bahasa pemrograman di antaranya :
BASIC, COBOL, Pascal, C++, FORTRAN
- Sistem Operasi : saat komputer pertama kali di hidupkan, sistem operasilah yang pertama kali di jalankan, sistem operasi yang mengatur seluruh proses, menterjemahkan masukan, mengatur proses internal, memanejemen penggunaan memori dan memberikan keluaran ke peralatan yang bersesuaian, contoh sistem operasi : DOS, Unix, Windows 95, IMB OS/2, Apple’s System 7
3. Soal: Jelaskan secara terperinci pengertian Pemograman
dipandang dari sudut Pengertian dan Definisi, Bahasa Pemrograman, Serta
Langkah-langkahnya
Jawab:
Pemrograman adalah proses menulis, menguji dan memperbaiki (debug), dan
memelihara kode yang membangun sebuah program komputer. Kode
ini ditulis dalam berbagai bahasa pemrograman. Tujuan dari pemrograman
adalah untuk memuat suatu program yang dapat melakukan suatu perhitungan atau
'pekerjaan' sesuai dengan keinginan si pemrogram (programmer). Untuk dapat
melakukan pemrograman, diperlukan keterampilan dalam algoritma, logika, bahasa pemrograman dan di banyak kasus,
pengetahuan-pengetahuan lain seperti matematika.
Pemrograman
adalah sebuah seni dalam menggunakan satu atau lebih algoritma yang saling berhubungan dengan menggunakan sebuah bahasa pemrograman tertentu sehingga menjadi
sebuah program komputer. Bahasa pemrograman yang berbeda mendukung gaya
pemrograman yang berbeda pula. Gaya pemrograman ini biasa disebut paradigma pemrograman.
4. Soal: Multimedia berperan positif dan negative dalam
pembelajaran, jelaskan secara rinci dari sudut Teoritis dan Praktis serta
Profesi
Jawab:
a. Peranan Positif: menghindari
kejenuhan belajar yang terlalu banyak berhadapan dengan buku dan referensi
belajar konfensional lainnya, menciptakan suasana pengajaran dan pembelajaran
yang interaktif akan menggalakkan komunikasi berbagai hal ( pelajar-guru,
pelajar-pelajar, pelajar-komputer ), memberikan tampilan yang memanfaatkan
sepenuhnya indra penglihatan dan pendengaran sehingga mampu menarik minat
belajar, serta memunculkan konsep baru dalam belajar yang dikenal dengan konsep
e-Learning. Dari sudut pandang teori, Penggunaan
media pembajaran sangat diperlukan dalam kaitannya dengan peningkatan mutu
pendidikan khususnya dalam pembelajaran membaca puisi. Menurut Achsin
(1986:17-18) menyatakan bahwa tujuan penggunaan media pengajaran adalah: (1) Agar
proses belajar mengajar yang sedang berlangsung dapat berjalan dengan tepat
guna dan berdaya guna, (2) Untuk mempermudah bagi guru/pendidik daiam
menyampaikan informasi materi kepada anak didik, Untuk mempermudah bagi anak
didik dalam menyerap atau menerima serta memahami materi yang telah disampaikan
oleh guru/pendidik, Untuk dapat mendorong keinginan anak didik
untuk mengetahui lebih banyak dan mendalam tentang materi atau pesan yang
disampaikan oleh guru/ pendidik, Untuk menghindarkan salah pengertian atau salah paham antara anak didik yang satu dengan yang lain terhadap materi atau pesan yang disampaikan oleh guru/pendidik.
disampaikan oleh guru/ pendidik, Untuk menghindarkan salah pengertian atau salah paham antara anak didik yang satu dengan yang lain terhadap materi atau pesan yang disampaikan oleh guru/pendidik.
b. Peranan Negatif: pertama, dengan adanya pembelajaran jarak jauh atau e-Learning
ada beberapa nilai kurang baik yakni tidak adanya interaksi secara langsung
sehingga pengajar tidak akan lebih intensif memonitori prilaku atau etitude
pelajarnya. Kedua, keberadaan guru
dan tenaga pelajar mengalami pergeseran prioritaskan sehingga terkesan tak lagi
menjadi prioritas utama.Baru-baru ini banyak oknum-oknum yang memanfaatkan
program sertifikasi yang di adakan oleh lembaga atau instansi tertentu contoh:
sertifikasi dari Microsoft Corporation yang terdapat penjokian di dalamnya.
Multimedia jika
dipandang dari sudut profesi seorang guru terdapat beberapa manfaat yang
diperoleh guru/instruktur dapat:
- Penyampaian materi pembelajaran dapat diseragamkan. Dengan bantuan media pembelajaran, penafsiran yang berbeda antar guru dapat dihindari dan dapat mengurangi terjadinya kesenjangan informasi diantara siswa dimanapun berada.
- Proses pembelajaran menjadi lebih jelas dan menarik. Media dapat menampilkan informasi melalui suara, gambar, gerakan dan warna, baik secara alami maupun manipulasi, sehingga membantu guru untuk menciptakan suasana belajar menjadi lebih hidup, tidak monoton dan tidak membosankan.
- Proses pembelajaran menjadi lebih interaktif. Dengan media akan terjadinya komukasi dua arah secara aktif, sedangkan tanpa media guru cenderung bicara satu arah.
- Efisiensi dalam waktu dan tenaga. Dengan media tujuan belajar akan lebih mudah tercapai secara maksimal dengan waktu dan tenaga seminimal mungkin. Guru tidak harus menjelaskan materi ajaran secara berulang-ulang, sebab dengan sekali sajian menggunakan media, siswa akan lebih mudah memahami pelajaran.
- Meningkatkan kualitas hasil belajar siswa. Media pembelajaran dapat membantu siswa menyerap materi belajar lebih mandalam dan utuh
- Media memungkinkan proses belajar dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja. Media pembelajaran dapat dirangsang sedemikian rupa sehingga siswa dapat melakukan kegiatan belajar dengan lebih leluasa dimanapun dan kapanpun tanpa tergantung seorang guru. Perlu kita sadari waktu belajar di sekolah sangat terbatas dan waktu terbanyak justru di luar lingkungan sekolah.
- Media dapat menumbuhkan sikap positif siswa terhadap materi dan proses belajar. Proses pembelajaran menjadi lebih menarik sehingga mendorong siswa untuk mencintai ilmu pengetahuan dan gemar mencari sendiri sumber-sumber ilmu pengetahuan.
- Mengubah peran guru ke arah yang lebih positif dan produktif
5. Soal: Internet berperan positif dan negative dalam
pembelajaran, Jelaskan secara rinci dari sudut Teoritis dan Praktis serta
Profesi
Jawab:
Ditinjau dari sudut pandang kata internet dapat berarti
jaringan penghubung antara seseorang dengan orang lain menggunakan media komputer
dalam sebuah jaringan. Banyak pula yang mendefinisikan internet, diantaranya
internet didefinisikansebagai hubungan antara berbagai jenis komputer dan
jaringan di dunia yang berbeda sistem operasi maupun aplikasinya dimana
hubungan tersebut memanfaatkan kemajuan komunikasi (telepon dan satelit) yang
menggunakan protokol standar dalam berkomunikasi yaitu protokol TCP/IP
(Transmission Control/Internet Protocol) pengertian tersebut dijelaskan menurut
pendapat Supriyanto (2008:60).
Menurut Harjono (2009:1): Internet
dapat diartikan kumpulan dari beberapa komputer, bahkan jutaan komputer di
seluruh dunia yang saling berhubungan atau terkoneksi satu sama lainnya. Media
yang digunakan bisa menggunakan kabel/serat optic, satelit atau melalui
sambungan telepon. Pendapat ini mengartikan bahwa internet merupakan media
komunikasi dan informasi modern yang dapat dimanfaatkan secara global oleh
pengguna diseluruh dunia dalam interkoneksi antar jaringan komputer yang
terbentuk melalui sarana berupa penyedia akses (provider)internet, sehingga
internet sebagai media informasi dapat menjadi sarana yang efektif dan efisien
untuk melakukan pertukaran dan penyebaran informasi tanpa terhalang oleh jarak,
perbedaan waktu dan juga faktor geografis bagi seseorang yang ingin mengakses
informasi.
Secara disadari maupun tidak,
perkembangan teknologi informasi telah memasuki berbagai sendi kehidupan,
termasuk dunia pendidikan lebih khususnya pembelajaran telah diintervensi oleh
keberadaan teknologi ini. Seiring dengan perkembangan aplikasi teknologi
informasi dalam dunia pendidikan, maka berbagai bahan belajarpun telah
diproduksi dan dikonsumsi oleh pembelajar melalui medium teknologi informasi
dalam bentuk kemasan yang sangat bervareasi. Berbeda dengan proses pembelajaran
tradisional yang mengandalkan guru sebagai sumber belajar yang pertama dan
utama sedangkan sumber lain hanyalah pelengkap untuk kegiatan pembelajaran yang
biasanya sudah digariskan dalam Garis Besar Program Pengajaran (GBPP).
Electronic Learning (E.Learning) pada
hakekatnya adalah belajar atau pembelajaran melalui pemanfaatan teknologi
komputer atau internet. Teknologi belajar seperti itu dapat juga disebut
pembelajaran berbasis web (Web Based Instruction). Pembahasan mengenai E-Learning
ini merupakan fokus utama dalam pembelajaran modul ini, oleh karena itu secara
rinci sajian materi modul ini meliputi penjelasan tentang: konsep pembelajaran
Electronic Learning, model pengembangan pembelajaran melalui internet, dan
kemasan bahan belajar melalui teknologi nformasi.
Dampak Positif Penggunaan
internet:
1.
Internet sebagai media
komunikasi: Dalam hal ini internet merupakan alat komunikasi yang di gunakan
masyarakat untuk berkomunikasi dengan pengguna internet yang lain yang terdapat
pada aplikasi internet contohnya aplikasi Chatting (facebook,twitter,yahoo dll)
2.
Media pertukaran data:
Dengan menggunakan email, newsgroup, ftp dan www (world wide web : jaringan
situs-situs web) para pengguna internet di seluruh dunia dapat saling bertukar
informasi dengan cepat dan murah.
3.
Media mencari
informasi: setiap manusia membuhtukan informasi yang harus di
ketahui,internet membantu manusia atau pengguna untuk memberikan segalah
informasi yang di butuhkan.contohnya salah satu situs internet yang sering di
gunakan bagi manusia dalam mencari informasi umumnya manusia menggunakan Google
dan Youtube .
4.
Kemudahan bertransaksi
dan berbisnis dalam bidang perdagangan :
Dalam internet kita bisa melakukan keuntungan dalam bidang perdagangan ,membuka lowongan Bisnis salah satu situs internet yang sekarang ini kita ketahui membuka Olshop dengan aplikasi yang mempermuda masyarakat bertransaksi misalnya Tokobagus dan lain lain.
Dalam internet kita bisa melakukan keuntungan dalam bidang perdagangan ,membuka lowongan Bisnis salah satu situs internet yang sekarang ini kita ketahui membuka Olshop dengan aplikasi yang mempermuda masyarakat bertransaksi misalnya Tokobagus dan lain lain.
1.
Pornografi; internet
seringkali di salah gunakan untuk hal hal yang kurang baik salah satunya
Pornografi yang sudah merajalelah dengan demikian Untuk mengantisipasi hal ini,
para produsen browser melengkapi program mereka dengan kemampuan untuk memilih
jenis home-page yang dapat di-akses.akibat salah menggunakan banyak sekali tingkah
asusila atau kriminal.
2.
Violence and Gore; kekejaman
dan kesadisan juga banyak ditampilkan. Karena segi bisnis dan isi pada dunia
internet tidak terbatas, maka para pemilik situs menggunakan segala macam cara
agar dapat menjual situs mereka. Salah satunya dengan menampilkan hal-hal yang
bersifat tabu.
3.
Penipuan; hal ini
memang merajalela di bidang manapun. Internet pun tidak luput dari serangan
penipu. Cara yang terbaik adalah tidak mengindahkan hal ini atau mengkonfirmasi
informasi yang Anda dapatkan pada penyedia informasi tersebut.
4.
Carding; karena
sifatnya yang real time(langsung), cara belanja dengan menggunakan Kartu kredit
adalah carayang paling banyak digunakan dalam dunia internet. Para penjahat
internet pun paling banyak melakukan kejahatan dalam bidang ini. Dengan sifat
yang terbuka, para penjahat mampu mendeteksi adanya transaksi (yang menggunakan
Kartu Kredit) on-line dan mencatat kode Kartu yang digunakan. Untuk selanjutnya
mereka menggunakan data yang mereka dapatkan untuk kepentingan kejahatan
mereka.
5. Perjudian;
banyak sekali pengguna internet yang menggunakan internet sebagai alat judi
yang sangat luas bagi semua kalangan ,bukan hanya bagi orang dewasa bahkan anak
anak pun seringkali menyalah gunakan internet sebagai alat perjudian.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar